BerandaTeknologiAMD Memperbaiki Socket AM5 untuk Spesifikasi Daya Ryzen 7000

AMD Memperbaiki Socket AM5 untuk Spesifikasi Daya Ryzen 7000

Di Computex 2022, AMD membagikan tolok ukur dan detail baru tentang prosesor 5nm Zen 4 ‘Raphael’ Ryzen 7000 dan motherboard soket AM5, tetapi ternyata perusahaan membuat kesalahan: AMD awalnya menyatakan bahwa Socket AM5 akan memiliki Pelacakan Daya Paket 170W ( PPT), yang berarti jumlah puncak daya yang dapat diberikan soket ke prosesor tertentu. Namun, AMD kini telah mengklarifikasi bahwa nomor asli yang dibagikan salah, dan konsumsi daya puncak untuk soket AM5 sebenarnya adalah 230W. Itu peningkatan yang signifikan dari batas 142W generasi sebelumnya.

Ini setara dengan TDP 170W untuk beberapa prosesor yang dirancang untuk soket AM5, seperti Ryzen 7000, peningkatan yang signifikan melebihi batas 105W saat ini dengan prosesor Ryzen 5000.

“AMD ingin mengeluarkan koreksi pada daya soket dan batas TDP dari Soket AMD AM5 yang akan datang. Soket AMD AM5 mendukung hingga 170W TDP dengan PPT hingga 230W. TDP*1.35 adalah perhitungan standar untuk TDP v. PPT untuk soket AMD di era “Zen”, dan grup TDP 170W baru tidak terkecuali (170*1,35=229.5).

“Grup TDP baru ini akan memungkinkan kinerja komputasi yang jauh lebih besar untuk CPU dengan jumlah inti tinggi dalam beban kerja komputasi yang berat, yang akan berada di samping grup TDP 65W dan 105W yang dikenal Ryzen saat ini. AMD sangat bangga menyediakan komunitas antusias dengan layanan transparan dan kemampuan produk yang terus terang, dan kami ingin mengambil kesempatan ini untuk meminta maaf atas kesalahan kami dan kebingungan berikutnya yang mungkin kami timbulkan tentang topik ini.” — Perwakilan AMD untuk Perangkat Keras Tom (penekanan ditambahkan)

socket am5 ryzen 7000, Anda akan melihat bahwa pernyataan AMD tidak secara khusus menyebut seri Ryzen 7000, tetapi prosesor tersebut akan masuk ke soket AM5, jadi wajar untuk mengasumsikan bahwa kita akan melihat versi 170W (EDIT: AMD telah mengklarifikasi bahwa TDP 170W akan berlaku untuk Ryzen 7000). Itu adalah TDP 65W dan peningkatan PPT 88W dibandingkan flagships AMD saat ini. Peningkatan pengiriman daya ini akan membantu prosesor Ryzen dalam beban kerja yang berat, seperti benchmark Blender yang didemonstrasikan perusahaan selama Computex yang melihat Ryzen 7000 mengalahkan Intel Alder Lake Core i9-12900K.

Peningkatan TDP 170W juga berarti bahwa kita dapat melihat chip Ryzen 7000 12- dan 16-core yang dilengkapi dengan TDP 170W untuk pengguna ekstrem, sementara model 105W 12- dan 16-core masuk untuk penggunaan yang lebih umum.

Tingkat baru chip Ryzen 170W ini dapat menjadi upaya AMD untuk membuat chip tingkat kuasi-HEDT baru pada platform PC mainstream standarnya, yang akan sangat masuk akal mengingat Threadripper sebagian besar telah menghilang dari ritel demi model Threadripper Pro yang lebih mahal. untuk pengguna profesional. Bandwidth memori quad-channel adalah salah satu alasan utama untuk melompat ke platform Threadripper, tetapi bandwidth dual-channel dari DDR5 pada platform AM5 bisa menjadi cukup kuat untuk semi-profesional dan pembuat konten yang ditargetkan AMD dengan standar non- Jajaran Pro Threadripper.

TDP dan PPT bisa sedikit rumit. Meskipun TDP adalah perkiraan yang sangat baik untuk konsumsi daya, TDP sebenarnya mengukur kemampuan disipasi termal yang diperlukan dari pendingin untuk memastikan CPU dapat beroperasi pada spesifikasi kinerja terukur. AMD menyatakan nilai ini dalam watt termal, bukan watt listrik. Membingungkan, bukan?

Namun, lebih sederhananya, nilai TDP pada dasarnya mencerminkan konsumsi daya ketika semua inti prosesor sedang dimuat dan tidak dalam keadaan terdorong — yaitu, berjalan pada frekuensi dasar. Itu berarti Anda dapat menggunakannya sebagai perkiraan konsumsi daya ‘dasar’ yang baik. Sementara itu, nilai PPT mengkuantifikasi jumlah daya maksimum yang dapat dikirimkan ke prosesor, yang terjadi ketika CPU berjalan pada frekuensi boost — yaitu, berjalan di bawah beban penuh tetapi masih dalam batas termal dan daya yang memungkinkan prosesor untuk meningkatkan ke frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi dasar.

socket am5 ryzen 7000, Meningkatkan TDP dan PPT akan membantu AMD memberikan lebih banyak kinerja, terutama untuk model core-count yang lebih tinggi, selama beban kerja multi-thread yang berat. Dalam banyak kasus, batas 142W sebelumnya dari AMD dengan soket AM4 generasi sebelumnya menahan kinerja, sehingga daya 88W tambahan akan sangat membantu dengan model 12- dan 16-core yang lebih baru.

AMD telah menetapkan bahwa ia akan menggunakan perhitungan TDP dan PPT standar untuk chip yang masuk ke soket AM5, jadi Anda cukup mengalikan TDP dengan 1,35 untuk menghitung konsumsi daya maksimum chip (PPT). Khususnya, ada pengecualian untuk aturan itu dengan Ryzen 5000 — beberapa chip, seperti Ryzen 5 5600X 65W, menggunakan rasio 1,17x (PPT 5600X adalah 76W). Untuk saat ini, tampaknya tidak akan berlaku untuk Ryzen 7000. Namun cukup dengan sedikit detailnya.

Kita tahu bahwa proses 5nm Ryzen 7000 akan menghasilkan lebih banyak kinerja per watt daripada proses 7nm yang digunakan AMD dengan Ryzen 5000 — TSMC mengatakan proses 5nm menggunakan daya 30% lebih sedikit atau memberikan kinerja 15% lebih banyak daripada 7nm (Anda tidak bisa memiliki keduanya sekaligus, ini adalah skala geser). Jadi itu berarti kita harus mengharapkan kinerja per watt yang lebih signifikan dari chip 5nm.

Namun, bahkan dengan ruang kepala tambahan itu, AMD juga telah memilih untuk meningkatkan batas daya karena terus bersaing untuk supremasi dalam tolok ukur CPU dan CPU terbaik untuk bermain game melawan yang terbaik dari Intel. Intel sendiri telah mendorong konsumsi daya secara ekstrim selama beberapa generasi terakhir dari chipnya sendiri: Intel Core i9-12900KS mewakili TDP tertinggi untuk prosesor mainstream yang pernah kita lihat pada 150W, tetapi AMD 170W melampaui itu. Namun, 12900KS memiliki peringkat daya puncak 241W, sementara Ryzen 7000 dapat mencapai 230W. Bahkan dengan peningkatan arsitektur dan node proses yang telah dibuat AMD dengan Zen 4, jelas bahwa itu juga akan meningkatkan konsumsi daya saat mencoba untuk mempertahankan keunggulan. Ryzen 7000 datang ke pasar pada Musim Gugur 2022.

Pembaruan: Kami bertanya kepada AMD tentang nilai TDP dan PPT yang digunakan perusahaan untuk demo Computex 2022 melawan Core i9-12900K. AMD memberi tahu kami:

“Demo Computex menggunakan sampel pra-produksi 16 inti yang belum menyatu dengan nilai daya tertentu, tetapi beroperasi di bawah spesifikasi TDP 170W akhir kami.”

Tentu saja, itu tidak memberi tahu kami apakah prosesor demo mengkonsumsi 50W di bawah spesifikasi 170W, atau hanya satu watt di bawah spesifikasi. Sekian informasi yang dapat disampaikan untuk update kali ini. Kami akan memperbarui jika kami mempelajari lebih lanjut.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments