BerandaTips & TrikTips Jitu Membeli Printer - Jangan Sampai Salah Beli!

Tips Jitu Membeli Printer – Jangan Sampai Salah Beli!

Tips Jitu Membeli Printer – Di era sekarang, printer merupakan kebutuhan utama sebagai alat cetak dokumen atau foto di kantor/rumah. Peran nya yang penting ini membuat pegawai kantor, pelajar, bahkan ibu rumah tangga mulai tertarik untuk membeli printer. Untuk bisnis, printer ini juga bisa berfungsi sebagai alat cetak resi alamat pengiriman paket untuk sektor pengusaha online contohnya marketplace.

Jenis printer yang di jual pun banyak, harga nya variatif sesuai dengan brand masing-masing. Nah jika kalian berniat ingin membeli printer tapi masih bingung menentukan pilihan printer yang sesuai dengan kebutuhan? tentu nya ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan sebelum kalian merasa yakin dalam membeli printer. Untuk itu dalam artikel ini akan kami bagikan Tips Jitu Membeli Printer supaya kalian jangan sampai salah beli.

tips jitu membeli printer jangan sampai salah beli

1. Pastikan Membeli Printer Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai macam printer yang beredar di pasaran. Pada umumnya ada dua jenis printer yang perlu kamu ketahui yaitu printer infus/tabung (seri Epson L series, Canon G series, HP ink tank series) dan printer cartridge (seri Canon pixma, HP deskjet). Biasanya untuk printer infus/tabung sering digunakan untuk kebutuhan kantor/sekolah dengan siklus pemakaian yang rutin, sedangkan printer cartridge lebih ditujukan bagi pengguna rumahan saja dengan siklus pemakaian yang tidak terlalu sering. Jika kamu membeli printer sesuai dengan kebutuhan nya maka otomatis ke depan nya kualitas printer akan awet dan jarang terjadi masalah yang menganggu.

2. Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Printer

Dari dua jenis printer infus/tabung dan printer cartridge yang sudah kamu ketahui, masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut akan kami jabarkan di bawah supaya lebih mudah di pahami.

Kelebihan Membeli Printer Infus/Tabung

  • Kapasitas tinta lebih banyak cocok untuk pemakaian yang rutin.
  • Mudah dalam mengisi ulang tinta.
  • Harga tinta original per botolnya untuk isi ulang lebih terjangkau.

Kekurangan Membeli Printer Infus/Tabung

  • Harga printer yang lumayan mahal.
  • Print head akan mampet/beku jika printer jarang dipakai.
  • Biaya untuk maintenance seperti pergantian part print head tergolong mahal.

Kelebihan Membeli Printer Cartridge

  • Harga printer tergolong murah dan terjangkau.
  • Penggantian tinta cartridge lebih gampang di akses tidak seperti print head.
  • Maintenance printer cartridge lebih mudah dengan harga part yang tidak terlalu mahal.

Kekurangan Membeli Printer Cartridge

  • Harga untuk tinta cartridge original lumayan mahal.
  • Isi ulang tinta cartridge lebih sulit dan rentan bocor karena pakai metode suntik.
  • Tinta cartridge lebih cepat habis karena kapasitas nya yang sedikit dibandingkan tinta tabung.

3. Pahami Fitur Yang Ada Pada Printer

Selain untuk print, printer juga memiliki fitur scan dan copy yang biasa nya di sebut printer all-in-one/3 in 1. Printer ini mempunyai scanner yang berfungsi untuk memindai dan menyalin dokumen/foto. Fitur printer lain nya adalah koneksi tanpa kabel atau biasa di sebut wireless printing yang berfungsi untuk mencetak dokumen/foto melalui jaringan WiFi, tentu nya membeli printer wireless lebih praktis tanpa perlu repot memikirkan ukuran panjang kabel printer. Kamu bisa mencetak dokumen/foto di manapun asalkan masih mencakup area jaringan Wifi yang di pancarkan dari printer tersebut.

4. Ketahui Tipe Dan Harga Tinta Printer Yang Dibeli

Tipe tinta yang umum pada printer adalah tinta cartridge dan tinta botol khusus isi ulang printer infus/tabung. Untuk tinta printer cartridge dari segi harga memang lumayan mahal, hanya di butuhkan dua jenis warna untuk tinta cartridge yaitu black dan colour. Di setiap printer memiliki nomor cartridge yang berbeda-beda contohnya pada printer Canon pixma mp series memakai cartidge nomor 810 black dan 811 cl, atau printer HP deskjet 2336 yang memakai cartridge nomor 682 black dan 682 colour. Sedangkan khusus printer infus/tabung untuk harga isi ulang tinta nya per botol tergolong murah, tinta botol nya masing-masing ada 4 warna yaitu black,magenta,cyan,dan yellow. Contohnya pada printer Epson L3110 yang memakai tinta botol bernomor 003 black dan colour atau printer Canon G-series yang memakai tinta botol bernomor 790 black dan 791 untuk yang colour.

Penutup

Nah itulah sedikit Tips Membeli Printer yang sudah kami bagikan. Yuk di share artikel ini jika dirasa bermanfaat supaya teman-teman kalian jadi makin tau dan tidak gaptek. Semoga juga dapat membantu Sahabat Liputan IT supaya tidak sampai salah beli. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Liputan IT, Subscribe Liputan IT biar tetap update terus seputar teknologi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments