BerandaTutorialCara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam Laptop Atau Pc

Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam Laptop Atau Pc

Liputan ITCara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam Laptop Atau Pc jadi solusi terbaik bagi pengguna PC maupun laptop yang tidak memiliki aksesoris webcam. Tidak cuma PC, hal ini juga bisa saja dialami pengguna laptop yang webcam nya rusak sehingga tidak bisa melakukan video call via laptop, deh!

Apakah kamu merasa kamera laptop kamu kurang cukup memadai dalam menghasilkan gambar yang berkualitas sehingga kamu malu menyalakan kamera saat ada video meeting? Bukan hanya kamu saja yang merasakan situasi ini.

Ada banyak orang yang mengalami situasi sama. Lucunya, malah kamera handphone kamu yang bisa jadi punya kualitas lebih bagus. Bukan tidak mungkin menjadikan kamera handphone kamu sebagai pengganti kamera laptop. Namun untuk bisa seperti itu, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara menjadikan kamera HP sebagai webcam laptop atau pc.

Dengan Menggunakan DroidCam

kamera Handphone sebagai webcam
DroidCamX

1. Download dan install aplikasi DroidCam pada komputer ataupun laptop kamu

2. Kemudian download juga aplikasi DroidCam melalui Google Play Store di smartphone kamu

3. Apabila proses penginstalan aplikasi DroidCam pada smartphone kamu sudah selesai, maka akan muncul alamat IP dan port yang digunakan oleh DroidCam untuk dimanfaatkan sebagai webcam PC

4. Lalu pastikan bahwa smartphone dan komputer ataupun laptop kamu berada dalam koneksi wifi yang sama

5. Selanjutnya jalankan aplikasi DroidCam yang telah diinstall pada komputer ataupun laptop kamu tadi, maka akan muncul jendela aplikasi DroidCam Client di komputer ataupun laptop kamu

6. Aktifkan ikon Wi-Fi lalu masukkan IP di kolom Device IP serta DroidCam Point, isi dengan alamat yang sama seperti di aplikasi DroidCam Client pada smartphone kamu

7. Setelah itu klik tombol Start

Maka secara otomatis smartphone kamu akan terhubung dengan komputer ataupun laptop kamu dan proses pengaktifan DroidCam telah selesai.

Dengan Menggunakan Iriun Webcam

kamera Handphone sebagai webcam
Iriun Webcam

1. Download Aplikasi Iriun Webcam di PC dan HP Android Kalian

2. Pastikan PC dan HP Android Kalian Tersambung pada Jaringan WIFI yang Sama

3. Selanjutnya, buka aplikasi Iriun Webcam di PC dan di HP Android kalian, tunggu beberapa detik, kamera HP Android akan secara otomatis terhubung ke PC kalian. Kalian bisa mengatur resolusi yang kalian inginkan di aplikasi Iriun Webcam di PC. Sedangkan di aplikasi Iriun Webcam di HP Android, kalian bisa mengatur juga untuk menggunakan kamera depan maupun kamera belakang HP Android kalian

4. Setelah Iriun Webcam terhubung, sekarang kalian bisa menjadikan Iriun Webcam sebagai kamera di berbagai aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Discord, Ome TV, dan banyak lagi lainnya.

Sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk terlihat buram di kamera. Dengan bermodalkan HP Android pun, kita bisa mempunyai webcam dengan kualitas yang bagus juga loh.

Penutup

Demikianlah artikel Cara menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam laptop atau pc. Bilamana kamu mengetahui cara lainnya, mohon berkenan untuk memberitahunya lewat kolom komentar. Sekian terimakasih semoga membantu, jangan lewatkan info terbaru seputar teknologi dan baca juga artikel lainnya di Liputan IT.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments