BerandaNEWSMediaTek 1080, bakal mendukung kamera ponsel hingga 200 MP

MediaTek 1080, bakal mendukung kamera ponsel hingga 200 MP

LiputanIT.com, Jakarta – Perusahaan semikonduktor MediaTek meluncurkan chipset kelas menengah baru, Dimensity 1080 yang menjadi chipset 5G penerus Dimensity 920. Munculnya chipset baru tersebut diklaim memiliki performa dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya serta memungkinkan ponsel-ponsel kelas menengah akan mendukung kamera hingga 200 MP.

Dimensity 1080 membawa peningkatan signifikan dalam hal fotografi. Jika pada chipset sebelumnya yaitu Dimensity 920, dukungan kamera 108 MP maka pada chipset terbaru kali ini mendukung kamera  dengan sensor hingga 200 MP disertai HDR10+.

“Melanjutkan komitmen MediaTek dalam mengoptimalkan daya dan kinerja, Dimensity 1080 menawarkan rangkaian lengkap fitur canggih yang menantang keinginan terkait apa yang bisa dilakukan oleh smartphone 5G,” kata Deputy General Manager of Wireless Communication Business Unit MediaTek, CH Chen.

“Chipset baru ini dirancang untuk lebih meningkatkan berbagai fungsi yang membuat pendahulunya hebat, termasuk meningkatkan kekuatan pemrosesan, kualitas kamera dan video, serta waktu pemasaran bagi produsen,” ujarnya.

Belum diketahui ponsel apa saja yang bakal menggunakan Dimensity 1080 ini yang pasti Chipset Dimensity 1080 kemungkinan akan digunakan pada ponsel-ponsel yang meluncur pada akhir 2022 atau awal 2023 mendatang.

MediaTek Dimensity 1080 hadir dengan dua core Arm Cortex-A78 dengan clock speed hingga 2,6GHz dan didukung GPU Arm Mali-G68. Pengolah grafisnya mengandalkan GPU ARM Mali-G68. Chipset ini diciptakan dengan fabrikasi 6nm yang diklaim menawarkan efisiensi untuk daya tahan baterai lebih lama. Dengan arsitektur 6 nm ini juga mendukung jaringan 5G, sehingga diharapkan makin banyak ponsel 5G dengan harga terjangkau pada 2023 mendatang.

Dikarenakan memiliki pengolah grafis yang sama dengan pendahulunya, maka pengguna bakal mendapatkan performa dan kinerja gaming yang serupa dengan Dimensity 920. Dari keseluruhan kinerja chipset, skor benchmark yang didapatkan tidak terlalu mengalami perubahan dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak ditemukan juga kebaruan fitur dalam bermain game.

Kendati sama, Mediatek mengeklaim bahwa pengguna bakal tetap mendapatkan pengalaman bermain game yang baru. Misalnya, pengguna dapat tetap bermain game sambil menerima panggilan telepon.

Dilansir dari GSM Arena, Dimensity 1080 bakal mulai dikirimkan pada kuartal ke-4 2022 atau akhir tahun 2022.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments