BerandaAMDAMD Bug Windows Update - Atasi AMD Lemot di Windows 11

AMD Bug Windows Update – Atasi AMD Lemot di Windows 11

AMD windows BUG Update -Windows 11 sudah rilis sejak beberapa bulan yang lalu. Hampir semua laptop ataupun PC rakitan terbaru sudah dapat pembaruan windows 11. Tentunya install windows terbaru perlu dilakukan terkait perkembangan teknologi yang begitu cepat, dan perlunya adaptasi terkait windows versi baru. Beberapa Central Proccesing Unit (CPU) atau yang lebih dikenal dengan sebutan prosesor  seperti Intel maupun AMD sudah dapat memakai windows 11. Namun beberapa hari yang lalu ada laporan terkait BUG di windows 11 terutama pengguna prosesor AMD.

AMD lemot di windows 11 ?

Bug tersebut berupa penurunan performa prosesor sejumlah game e-sport, serta kinera aplikasi yang tidak berjalan secara optimal.

Untuk mengatasinya, Microsoft dan AMD bergerak cepat dengan cara menghadirkan patch terbaru untuk masalah tersebut.

Bug atau masalah tersebut berdampak pada seluruh  CPU AMD yang mendukung windows 11, Athlon dan Epyc seri terbaru,  Ryzen 2000, Ryzen 3000, Ryzen 4000, hingga Ryzen 5000 series.

BUG  performa AMD di windows 11

AMD Bug Windows Update – AMD menjelaskan penurunan performa tersebut karena Latency cache L3 di prosesor yang meningkat 3kali lipat. Efeknya dapat menurunkan kinerja aplikasi sekitar 3 hingga 5 persen. Saat dipakai untuk menjalankan game performanya bisa turun 10 sampai 15 persen.

amd bug windows update
AMD BUG issue

Adapun masalah kedua yang berkaitan dengan teknologi preferred core AMD yang digunakan untuk memindahkan thread ke core tercepat pada sebuah prosesor. Masalah ini lebih spesifik ditemukan di prosesor dengan jumlah core lebih dari 8 buah dan TDP diatas 65watt.

Pembaruan patch dari AMD dan Microsoft

AMD BUG Windows Update -Pembaruan pertama, hadir dalam format AMD chipset versi 3.10.08.506 yang memperperbaiki masalah inti CPU saat aplikasi berjalan.

Pembaruan kedua, hadir dalam fomat windows 11 update dengan versi 22000.282 (KB5006746). Update ini memperbaiki di system latency cache L3.

Sebagai tambahan, untuk prosesor AMD dengan arsitektur “Zen 3” sistem yang dikonfigurasi dengan Driver Chipset AMD 3.10.08.506 atau lebih baru harus melaporkan versi 7.0.3.5 atau lebih baru untuk entri AMD.Power.Processor.Settings di interface Windows 11 Provisioning Packages. Dan untuk prosesor AMD dengan arsitektur “Zen+” atau “Zen 2” sistem yang dikonfigurasi dengan Driver Chipset AMD 3.10.08.506 atau yang lebih baru harus memiliki Power plan AMD Ryzen™ Balanced yang dipilih dan aktif. Dengan cara pergi ke control panel, setelah itu pilih power option.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments