BerandaIntelSpesifikasi intel Raptor Lake - Performa Benchmark intel Gen 13

Spesifikasi intel Raptor Lake – Performa Benchmark intel Gen 13

Performa intel Gen 13 – tentunya Kalian sudah tau bahwa dalam waktu dekat intel akan mengeluarkan Processor baru yaitu Intel Gen 13 yang diberi nama Raptor Lake, Intel Mengatakan secara pasti bahwa akan ada penambahan lebih banyak jumlah Core, Connectivity, Upgrade Core Architecture, Hadirnya Support untuk SSD PCIe 5.0 dan bahkan ada Rumor bahwa intel Gen 13 Raptor Lake ini bisa di Overclock hingga kecepatan 6.0 GHz. Sebuah Angka yang besar untuk sebuah processor, Dan sebuah kejutan sekali sebuah processor dapat berjalan di angka 6.0GHz.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu intel Gen 12 dengan codename Alder lake, Performa intel Gen 13 ini dinilai memiliki peningkatan jumlah Core, dan Juga memiliki Boost Clock yang jauh lebih tinggi, Naik hingga 400MHz untuk seri Core i7 dengan maximum boost di angka 5,4GHz, dan 300MHz pada seri Core i5 dengan maximum Boost di angka 5,2GHz. Selain itu juga keduanya memiliki kesamaan yaitu memiliki cache L2 2x dari seri Alder Lake. Tentu dengan kombinasi spesifikasi seperti ini akan menghasilkan performa yang sangat kencang.

Hasil Benchmark Processor intel Gen 13

Untuk melihat dan Mengetahui Performa dari intel Gen 13 Raptor Lake, disini Liputan IT membandingkan dengan Processor intel Generasi sebelumnya yaitu Alder Lake. Disini kami membandingkan i7-13700K (16 Core CPU) dengan i7-12700K dan i5-13600K (14 Core CPU) dengan generasi sebelumnya juga yaitu i5-12600K.

Dalam Pengujian kali ini kami menggunakan Software CPU Z, Dari Hasil Benchmark (Gambar Pertama) Terlihat intel Core i7-13700K mengalami peningkatan pada performa Single Core di angka 10% dan Multi Threads hingga mencapai angka 32-34%. Sebuah angka yang sangat besar untuk sebuah peningkatan performa pada processor yang hanya selisih 1 Generasi.

Pada Hasil benchmark i5-13600K vs i5-12600k (Gambar Kedua) disana Terlihat terdapat juga peningkatan performa sebanyak 5% pada performa Single Core dan untuk Multi Threads mencapai angka 39-41%. Lagi-lagi ini adalah angka yang cukup besar !



Intel Core Generasi ke 13 Raptor Lake dikabarkan akan Dirilis pada Akhir tahun 2022, Berkisar diantara bulan September dan Awal bukan Oktober Mendatang. Semoga saja ada kejutan lebih baik dari intel dengan pengujian yang dirilis secara resmi, Daripada versi awal yang telah kita lihat di beberapa bocoran-bocoran yang beredar ini.

Penutup


Sekian informasi dan update terbaru mengenai Bocoran Spesifikasi dan Performa dari Processor terbaru intel yaitu intel Core 13th Raptor Lake, Subscribe Liputan IT untuk tidak kelewatan Artikel terbaru seputar NEWS, Tutorial, Tips & trik, dan Update seputar teknologi lainnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments