BerandaTips & TrikTips Untuk Kamu Yang Ingin Beli Laptop Bekas/Second

Tips Untuk Kamu Yang Ingin Beli Laptop Bekas/Second

Tips Beli laptop Second ? Masih bingung cara cek nya? Asal kamu bisa memilih dengan benar, laptop bekas dengan kondisi mulus pun akan kamu dapatkan,. Untuk itu, saat membeli laptop bekas, cek dengan teliti komponen-komponen pada laptop yang akan kamu beli dan pakai tips membeli laptop bekas berikut ini.

1. Cek Fisik/Body Laptop

Beli Laptop Second

Hal yang paling utama harus kamu cek yaitu bagian body laptop bekas yang akan kamu beli.
Apakah terdapat lecet atau goresan dan retakan pada body laptop, itu juga bisa jadi bahan perbandingan saat kamu ingin membeli laptop bekas.
– Jika terdapat lecet atau goresan dan retakan, mungkin saja laptop tersebut pernah jatuh dan mungkin saja komponen dalam laptop itu sudah  mengalami kerusakan. Tapi jika hanya lecet pemakaian saja tanpa ada retakan mungkin masih terbilang wajar.
– Laptop fisik masih mulus, berarti bisa saja sipemilik sebelumnya mengerti dan paham teknik cara merawat laptop dengan baik, tapi tidak menutup kemungkinan komponen yang ada di dalam laptop mengalami kerusakan, tapi jarang sekali biasanya.

2. Cek Hardisk/Ssd

Tips Beli Laptop Second – secara yang kita semua ketahui, hardisk/Ssd itu bagian penting dari komponen yang ada di laptop secara fungsional hardisk/ssd menampung semua data dari system OS, Peyimpanan data-data penting dan lain-lain. Cara mengecek kesehatan Hardisk/Ssd kamu bisa menggunakan aplikasi HardiskSentinel, download dan install aplikasi tersebut setelah itu kamu jalankan aplikasinya dan di situ kamu akan melihat beberapa informasi tentang kesehatan hardisk/ssd Performa hardisk/ssd dan lain sebagainya, pastikan untuk “Healt” Nya itu di angka 100% dan pastikan juga tidak ada bad sector di Hardisk/ssd.

Laptop Second

3. Cek Keyboard dan Touchpad

Periksa Kedua bagian ini karena banyak di gunakan saat kamu memakai laptop.
– Pastikan Pointer Berjalan mulus atau tidak, pastinya akan terasa saat kita pakai dan jangan lupa cek tombol kiri dan kanan pada bagian Touchpad.
– Pastikan Tombol keyboard berfungsi semua, untuk mengecek nya gampang, kamu tinggal masuk saja ke googgle search dan ketik “keyboard test” Masuk ke situs web nya dan di situ kamu bisa pastikan tombol keyboard berfungsi semua dengan baik.

Tips Laptop Second

4. Cek Kondisi Batrai dan Charger

Sering kali, laptop dengan kondisi bekas itu mengalami masalah pada sektor baterainya. Ada beberapa penyebabnya, mungkin karena adaptop charger yang rusak, atau kondisi baterai yang memang sudah drop.
Maka dari itu cek kondisi kesehatan batrai dan adaptor charger nya saat mau membeli laptop bekas, berikut cara cek kondisi batrai laptop dan adaptor charger
– cek kesehatan batrai laptop kamu bisa menggunakan aplikasi Battery Info View,  langkah pertama download dan instal aplikasi Battery Info View setelah itu kamu jalankan aplikasinya di situ kamu akan melihat beberapa informasi mengenai baterai laptop bekas yang akan kamu beli. Mulai dari nama baterai, serial number, current capacity, dan lain sebagainya.

Tips Beli Laptop

– cek kondisi adaptor charger, pastikan saja untuk fungsional nya bekerja dengan baik, dan cek juga pada bagian body adaptor nya pastikan tidak ada retakan, kemungkinan jika ada retakan adaptor tersebut pernah terjatuh dan merusak komponen bagian dalam sehingga untuk aliran listrik nya itu tidak berjalan dengan normal dan biasanya ada listrik yang keluar di bagian port adaptor nya.

Beli Laptop

5. Cek Koneksi wireless (Wifi)

Tips Beli Second

Kamu langsung saja cek koneksi wifi pada laptop bekas yang akan kamu beli, pastikan berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah, tentu saja kamu tidak mau laptop yang akan kamu beli bermasalah pada wifi nya, walaupun ada adaptor wifi external yang bisa kamu beli jika wifi laptop bekas tersebut tidak bisa, tapi itu akan mengeluarkan uang lebih dan terbilang boros, lebih baik cancel saja dan cari yang lain.

6. Cek Speaker dan microphone

Laptop Second Tips

Mungkin sebagian orang lebih asik memakai headset saat memakai laptop, entah itu mendengarkan musik, zoom, google meet dan lain-lain, tapi hal ini perlu kalian cek agar tidak menurunkan harga laptop saat kalian ingin menjual nya kembali, cara mengecek speaker dan microphone kalian hanya perlu menyetel musik/vidio dan pastikan speaker berfungsi dengan baik dan cek juga microphone nya di aplikasi recorder yang sudah tersedia di bawaan windows nya.

7. Cek Webcam

Beli Laptop Tips

Webcam untuk di tahun 2022 mungkin banyak sekali di gunakan untuk pekerjaan ataupun kegiatan sekolah, biasanya di gunakan untuk zoom, google meet, vidio call dan lain-lain, jadi kalian tinggal gunakan webcam yang ada pada laptop bekas yang kalian ingin beli tanpa perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli webcam external.

8. Cek Semua Port Yang Ada Di Laptop

Tips Beli Second Laptop

cek saja satu persatu port pada laptop bekas yang ingin kalian beli, karena sangat penting ketika kalian ingin memakai hardware yang bersifat external, entah itu headphone atau flasdisk dan membantu juga jika tiba-tiba hardware internal kalian tidak berfungsi seperti webcame dan speaker, kalian bisa membeli hardware external nya untuk kalian pakai.

9. Cek Suhu Laptop

Tips Beli Laptop Second – Cek suhu pada laptop yang ingin kamu beli apakah panas atau tidak, karena ini bagian penting untuk kalian ketahui, jika suhu laptop nya panas kemungkinan besar bagian dalam laptop tersebut sangat kotor atau thermal pastanya sudah kering, itu bisa mengakibatkan overheat atau laptop kalian bisa mati sendiri saat di pakai karena overheat itu sendiri. Cara cek suhu laptop nya kalian bisa menggunakan aplikasi AIDA64, pertama kalian download dan jalankan aplikasi tersebut. berikut langkah nya

buka aplikasi nya dan klik komputer

selanjut nya klik sensor

di sini kalian dapat mengecek suhu dari laptop yang akan kamu beli

normal nya untuk suhu laptop di angka 40°C50°C tergantung dari spek laptop nya.

setelah mengetahui kondisi laptop yang akan kalian beli, kompromikan dengan sang penjual, tawar harga sesuai kondisi laptop yang sudah kalian cek.

Penutup

Nah, tadi itu beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mau beli laptop second, Semoga dapat membantu sahabat liputan IT dimanapun berada. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Liputan IT dan Subscribe Liputan IT untuk tidak ketinggalan update informasi terbaru seputar teknologi informasi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments