BerandaTips & TrikTips Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Tips Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Tips Mengatasi laptop lemot , Jakarta – Laptop lemot pastinya sangat mengganggu saat sedang mengerjakan tugas yang harus segera diselesaikan. Untuk itu,kita perlu mengetahui cara untuk mengatasi laptop lemot tanpa harus instal ulang.

Instal ulang pada laptop mampu mengatasi masalah laptop yang lemot, namun cara ini memakan banyak waktu. Ketika dituntut harus bekerja cepat, tentunya menginstal ulang bukan pilihan tepat.

Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Install Ulang

Berikut ini kami akan berikan tips mengatasi laptop lemot tanpa harus instal ulang, SImak sampai akhir ya !

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyaknya aplikasi di laptop membuat  penyimpanan penuh dan sistem menjadi lama dalam membaca hard disk. Inilah yang bisa menjadikan laptop lemot.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kerja laptop harus menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Selain itu pakailah aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop. Jangan memaksakan kemampuan laptop dengan banyaknya aplikasi.

2. Bersihkan memori internal

Salah satu penyebab laptop lemot yang umum terjadi adalah karena memori penyimpanan terlalu penuh. Selain menghapus aplikasi yang tidak perlu, kamu sebaiknya juga membersihkan memori internal dari dokumen, data, video, dan gambar yang sudah tidak digunakan lagi.

Selain menghapus aplikasi yang tidak perlu, kamu sebaiknya juga membersihkan memori internal dari dokumen, data, video, dan gambar yang sudah tidak digunakan lagi. Bersihkan pula file-file ‘sampah’ pada laptop atau Temporary Files.

Caranya yakni sebagai berikut :

  • Ketik ‘run’ di menu pencarian Windows
  • Buka program Run atau tekan Windows + R pada keyboard
  • Ketik ‘%temp%’ pada kolom yang tersedia
  • Klik OK atau enter pada keyboard

3. Pakai Antivirus

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot akibat virus atau malware. Karena itu perlu memasang antivirus terbaik untuk menangkal virus. Jika bisa, pakailah antivirus yang berbayar. Antivirus yang gratis kebanyakan tidak maksimal dalam menangkal virus, dan membuat kapasitas laptop penuh.

4. Menambah Kapasitas Ram

RAM atau Random Acces Memory merupakan hardisk pada Laptop atau Komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara yang berguna untuk memproses software aplikasi yang sedang berjalan.

Makin besar kapasitas RAM, maka kinerja laptop juga makin cepat karena tidak terlalu membebankan prosesor. Sebaliknya, jika kapasitas RAM hampir penuh, maka laptop menjadi lebih lambat atau lemot, Maka dari itu, kamu bisa mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi, misalnya dari 4 GB menjadi 8 GB atau 16 GB. Namun, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi,ketersedian slot dan maksimal upgrade RAM laptop nya.

Menambah RAM ini mungkin akan menjadi solusi yang terbaik untuk mengatasi laptop lemot tanpa install ulang, dan kamu tentu bisa menerapkannya



Demikian beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan langkah-langkah di atas secara rutin. Semoga Bermanfaat dan dapat membantu Sahabat Liputan IT. Baca juga artikel menarik lainnya seputar teknologi hanya di Liputan IT


RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments