BerandaTutorialCara Sharing Printer dengan WiFi di Windows 10 - Mudah Banget

Cara Sharing Printer dengan WiFi di Windows 10 – Mudah Banget

Tahukah kamu bahwa selain kamu, banyak juga orang yang mencari Cara Sharing Printer dengan WiFi di Windows 10. Apalagi printer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan utama di area perkantoran. Yang sering terjadi adalah di kantor untuk menghemat biaya mereka memanfaatkan fitur sharing printer biar tidak perlu membeli banyak printer untuk mengeprint di kantor.

Buat kamu yang gak tahu apa itu Sharing Printer, Sharing printer adalah cara praktis biar semua komputer ataupun laptop bisa tersambung dengan satu device perangkat printer. Dengan cara sharing printer ke komputer lain melalui WiFi atau kabel LAN, bisa memungkinkan seseorang untuk dapat mencetak dokumen dari printer yang tidak terhubung langsung ke komputernya.

Sebuah printer yang dibagikan atau disharing biasanya menggunakan bantuan jaringan LAN ataupun bisa juga menggunakan jaringan WiFi sebagai penghubung. Nah, maka dari itu, kali ini!!!,  cara sharing printer dengan WiFi di Windows 10 untuk kamu yang masih belum tahu caranya. Kenapa di Windows 10? Karena mayoritas pekerja kantoran sekarang ini sudah pakai Windows versi ini dari pada versi yang terdahulu ygy.

Sebelum melakukan sharing printer, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  • Siapkan sebuah komputer / laptop yang tersambung dengan printer. Kita sebut sebagai Komputer Server.
  • Siapkan komputer / laptop yang bakal menerima sharing printer dari komputer / laptop yang tersambung printer. Kita sebut sebagai Komputer Client.
  • Siapkan jaringan WiFi yang terkoneksi dengan komputer yang tersambung printer maupun komputer yang bakal menerima sharing printer. Artinya Komputer Server dan Komputer Client harus tersambung dengan jaringan WiFi yang sama.
  • Usahakan komputer / laptop yang tersambung dengan printer sudah terinstall Driver dari printer yang akan disharing.
  • Dan yang terakhir, jelas harus ada Printernya yang aktif dan nyala. Kan gak lucu mau sharing printer tapi gak ada printernya.

Bagaimana Cara Sharing Printer dengan WiFi di Windows 10?

Berikut langkah-langkah cara sharing printer dengan WiFi di Windows 10 :

1. Masuk ke Settings

Pada laptop/komputer yang tersambung dengan Printer (kita sebut sebagai Komputer Server), masuk ke menu Settings di Windows 10. Caranya, klik tombol Start menu, pilih Settings.

2. Masuk ke Network Connections

Setelah masuk ke Settings, pilih menu Network & Internet. Pilih Change adapter options di panel sisi kanan. Jika tidak ada, klik dulu opsi Status di panel sisi kiri. Nanti kamu bakal masuk ke menu Network Connections.

3. Cek Alamat IP WiFi

Selanjutnya, klik kanan pada koneksi WiFi yang tersambung dengan Komputer Server yang terhubung Printer, lalu pilih Status. Kemudian pilih opsi Details. Kemudian kamu catat atau ingat baik-baik alamat IP WiFi pada bagian IP Address. Karna tutorial ini termasuk cara sharing printer dengan IP Address. Misal contoh IP Address-nya: 192.168.89.89 seperti di gambar bawah ini.

cara sharing printer mudah

4. Buka Control Panel

Kemudian kita masuk ke Control Panel, caranya klik tombol Start menu, pilih Control Panel. Jika tidak muncul, klik tombol Start, ketikan di pencarian: control panel dan tekan Enter atau klik pada Control Panel yang muncul.

5. Masuk ke Devices and Printers

Selanjutnya, pilih Hardware and Sound, lalu pilih Devices and Printers. Nanti bakal tampil perangkat Printer apa saja yang terhubung dengan Komputer Server yang sedang kita pakai.

6. Aktifkan Sharing Printer

Langkah berikutnya, klik kanan pada printer yang bakal di Sharing dengan Komputer Client (komputer penerima sharing printer), lalu pilih opsi Printer properties. Setelah jendela Printer Properties terbuka, pilih tab Sharing. Kemudian Centang di bagian Share this printer, lalu beri nama printer di bagian Share name yang bakal terlihat di Komputer Client yang menerima sharing printer. Jika sudah, klik Apply di bawah, lalu klik OK. Sharing printer berhasil di aktifkan. Dalam contoh di bawah ini, printer yang disharing diberi nama: Printer Sharing Saya.

cara berbagi printer

7. Matikan Password Sharing

Selanjutnya, masuk ke menu Settings di Windows 10. Pilih menu Network & Internet, lalu pilih opsi Status di panel sisi kiri. Di panel sisi kanan, pilih Sharing options. Kemudian pada jendela Advanced sharing settings, pilih & klik All Networks, lalu pada bagian opsi Password protected sharing pastikan kamu memilih Turn off password protected sharing, lalu klik Save changes. Tujuannya agar saat Komputer Client lain dihubungkan ke printer yang disharing, tidak akan dimintai password untuk dimasukkan.

cara sharing printer windows wifi

8. Munculkan Printer Sharing di Client

Langkah berikutnya, masuk ke Komputer Client yang menerima sharing printer. Buka File Explorer atau Windows Explorer. Ketikan pada kolom address bar alamat IP WiFi yang sebelumnya sudah kita catat atau lihat dengan format seperti ini: \\192.169.89.89 lalu tekan tombol Enter. Nanti akan muncul nama Printer dari Komputer Server dan bisa disharing untuk digunakan.

cara sharing printer pakai wifi

9. Koneksikan Printer Sharing

Setelah Printer yang disharing muncul pada Komputer Client, klik kanan pada Printer yang muncul, lalu pilih Connect. Nanti akan muncul Jendela yang menampilkan proses mengkoneksikan printer dari Komputer Server ke Komputer Client sekaligus mendownload driver printer sharing yang ada di Komputer Server agar bisa digunakan pada Komputer Client. Setelah berhasil terkoneksi dan sharing printer, jendela proses otomatis akan hilang dengan sendirinya.

cara sharing printer windows

10. Gunakan Printer Sharing

Setelah printer berhasil dikoneksikan untuk disharing. Masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound, lalu pilih Devices and Printers. Setelah jendela Devices and Printers tampil, klik kanan pada Printer yang disharing, lalu pilih Set as default printer. Tujuannya agar printer dijadikan sebagai printer utama yang digunakan pada Komputer Client. Selanjutnya tinggal dites printernya bisa digunakan untuk ngeprint atau tidak dengan cara mengklik kanan lagi pada Printernya lalu pilih Printer properties. Pada jendela Printer Properties, klik Print Test Page, lalu klik Accept. Tunggu proses ngeprint berlangsung. Jika printer berhasil mencetak dengan baik, maka Printer sudah berhasil digunakan melalui sharing.

Penutup

Itu tadi tutorial, langkah-langkah, atau cara sharing printer menggunakan jaringan Wifi di windows 10, cara ini bisa kamu coba terapkan di windows versi lain seperti windows 11, windows 8, windows 7. Semoga dapat membantu sahabat liputan IT.  Mohon maaf bila ada kekurangan. Baca juga artikel lainnya di Website Liputan IT dan terus pantau Liputan IT untuk terus mendapat update berita terbaru seputar teknologi

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments