BerandaTips & TrikTips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tips cara merawat laptop – Bagi kebanyakan pekerja, pelajar dan pembisnis, laptop sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Laptop ini sering di gunakan  untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas-tugas sekolah/kuliah, hingga mengakses materi pembelajaran.

Karena fungsinya yang sangat penting, tentu merawat laptop agar bisa bekerja dengan stabil perlu dilakukan agar tidak cepat rusak.  Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bahwa kebiasaan spele saja bisa menyebabkan mati total, seperti seringnya laptop di “Sleep” di waktu yang lama.

Ingin laptop kamu awet hingga waktu yang lama ?

Simak tips berikut ini agar laptop kamu tidak cepat rusak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kinerja laptop agar tetap berjalan dengan stabil.

1.Fungsikan Laptop Sesuai Kemampuan Laptopnya.

Nah untuk hal ini kamu harus tau terlebih dahulu spesifikasi laptop yang kamu pakai. Jangan pakai laptop spesifikasi untuk sekedar buat dokumen atau browsing malah di pakai untuk editing atau gaming, biasanya prosesor di laptop kamu akan bekerja sangat keras hingga di batas kemampuan prosesor tersebut, itu bisa mengakibatkan overheat atau panas yang berlebih di bagian prosesor. Jadi pakai saja laptop kamu sesuai kemampuan nya.

2.Jangan Pakai Charger Non-original

tips cara merawat laptop

Charger membantu kamu untuk mengisi daya pada perangkat laptop. Benda yang satu ini cukup penting dan kamu perlu memastikan charger yang kamu pakai asli.

Charger bawaan atau charger asli tentu memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan charger non-original. Kamu perlu mengetahui apa saja bahaya bila tetap memaksa memakai charger non-original.

Resiko Merusak Laptop

Resiko rusaknya laptop pada saat mengisi daya menggunakan charger non-original. Hal ini dikarenakan komponen yang ada di dalam sangat sensitif terhadap voltase dan ampere yang tidak stabil saat mengisi daya. Di khawatirkan jika menggunakan charger non-original aliran voltase dan ampere nya tidak stabil dan cepat merusak laptop kamu.

Mengisi Daya Lebih Lambat

Hal ini dikarenakan, voltase dan ampere yang ada di charger non-original biasanya tidak sesuai dengan standar laptop yang kita pakai.

3.Jangan Memakai Laptop Di Atas Kasur

tips cara merawat laptop

Meletakkan laptop di atas kasur, bisa membuat laptop kamu semakin panas, ventilasi saluran keluarnya  udara panas akan tertutup dan udara tidak bisa keluar atau masuk, sehingga untuk pemakaian lama akan membuat mesin laptop rusak. Dan jika laptop kamu masih memakai hardisk , Permukaan kasur yang tidak rata ini memicu putaran piringan yang ada di hardisk dan laptop akan mengalami gangguan pada system, sebab system kinerja laptop hampir semuanya berada di dalam hardisk

4.Buka Atau Tutup Laptop Di Bagian Tengah

Terkadang tanpa disadari, kamu membuka laptop pada bagian ujung sudut layar laptop kanan atau kiri. Hal ini membuat tumpuan layar yang tipis menjadi berat sebelah. Salah satu engsel akan terasa berat karena dibuka dari satu sisi saja. Beda ceritanya jika kamu membuka layar laptop dari posisi tengah, Tentu kedua engsel akan sama-sama bekerja. Jadi hal ini akan mengurangi kerusakan pada engsel laptop kamu.

5.Jangan Matikan paksa laptop dengan menekan tombol power

Nah hal ini bisa merusak beberapa hardware yang ada di laptop kamu, seperti hardisk, ram, dan perosesor, bahkan bisa menghilangkan data registry dan paling parah nya bisa membuat laptop kamu malah jadi total. Jadi saat mematikan laptop lebih baik nya sesuai prosedur saja.

PENUTUP

Nah, tadi itu beberapa tips atau cara merawat laptop yang harus kamu tau agar laptop kamu awet/tidak cepat rusak, Semoga dapat membantu sahabat liputan IT dimanapun berada. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Liputan IT dan Subscribe Liputan IT untuk tidak ketinggalan update informasi terbaru seputar teknologi informasi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments