BerandaNEWSWinamp Rilis Versi 'Reborn', Tampilannya bikin Nostalgia

Winamp Rilis Versi ‘Reborn’, Tampilannya bikin Nostalgia

Liputan IT Winamp reborn terbaru bikin nostalgia – Winamp merupakan aplikasi MP3 alias pemutar musik yang populer di era 80 sampai 2000-an. Pertama kali dirilis pada tahun 1997 oleh dua orang mahasiswa yang bernama Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev yang merupakan mahasiswa University of Utah. Pada April di tahun tersebut, Winamp merilis versi 0.20 yang merupakan versi mini mereka yakni sebagai freeware yang bisa didownload secara gratis oleh siapapun. Setelah itu, Winamp berkembang dan merilis versi 2 pada tahun 1998 atau setahun setelahnya.

Ketika berbicara tentang Winamp, maka orang juga akan mengenal Nullsoft. Nullsoft merupakan perusahaan perangkat lunak yang didirikan pada tahun 1997 oleh Justin Frankel yang bertempat di Sedona, Arizona. Produknya termasuk Winamp Media Player dan server SHOUTcast MP3 Media Streaming.

Pada era 80an Winamp adalah Spotify-nya para pengguna PC dan laptop. Dikarenakan populernya Winamp pada saat itu, pengembang lantas menciptakan Winamp berbayar untuk menjadikan aplikasi musik ini ladang profit. Pada tahun 1998 saja, Winamp berhasil didownload lebih dari 3 juta kali. Saking populernya, Winamp lantas menarik minat perusahaan. Nullsoft selaku pemilik Winamp dibeli AOL senilai 80 juta dolar AS. Sayangnya, meskipun Winamp revolusioner dan populer, akhirnya ia harus mati juga, tepatnya pada Desember 2013.

Winamp Rilis Versi Reborn

Nah belum lama ini, Winamp kembali muncul dengan merilis winamp reborn dengan tampilan yang lebih segar dan fitur terbaru dan bikin nostalgia. Adapun peningkatan fitur, salah satunya adalah Winamp resmi mendukung sistem operasi Windows 11.

Dalam versi terbaru, Winamp terlihat masih hadir dengan tampilan khasnya, lengkap dengan ikon-ikon fungsional seperti sebelumnya. Namun secara teknis, tampilan Winamp 5.9 ditingkatkan dari basis code Visual Studio 2008 (VS2008) ke Visual Studio 2019 (VS2019). Setelah hadir dengan basis kode yang lebih modern, tim pengembang berencana untuk menghadirkan lebih banyak fitur baru ke Winamp. Dengan begitu, dukungan perangkat untuk Winamp juga ditingkatkan, minimal perangkat yang mendukung Windows 7 SP1 atau lebih baru. Jadi, pengguna Windows XP dan Vista hanya dapat menggunakan Winamp versi lawas. Meski demikian, visual Winamp versi 5.9 tak begitu banyak dipoles, sehingga pengguna bisa merasa nostalgia dengan tampilan yang ditawarkan aplikasi pemutar musik ini.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments