BerandaTips & TrikYang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Merakit PC - Wajib!

Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Merakit PC – Wajib!

Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Merakit PC – Merakit PC/Komputer mendengar kalimat tersebut pasti yang muncul dalam benak kalian adalah hal yang sulit. Karena banyak faktor spesifikasi yang harus di perhatikan seperti tipe motherboard, jenis processor, kapasitas ram, penyimpanan SSD/HDD dan lain-lain. Selain itu ada juga faktor pemilihan budget, alih-alih ingin merakit PC/Komputer dengan spesifikasi yang terbaik namun estimasi biaya menjadi membengkak. Atau merakit PC/Komputer dengan budget yang hemat tetapi malah terjadi bottleneck antar komponen.

Tips Sederhana Dalam Merakit PC

Nah pada artikel yang kami bagikan kali ini bisa di gunakan untuk menjadi referensi yang bagus bagi kalian yang ingin merakit PC. Ada 4 tips utama yang harus kalian ketahui sebagai bahan pertimbangan di awal. Tentu nya tips yang sederhana dan mudah di pahami supaya kalian gak pake ribet lagi dalam merakit komputer sampai selesai.

tips mudah merakit pc gak pake ribet!

1. Merakit PC Dengan Motherboard Socket Terbaru

Motherboard merupakan komponen penting dalam tips merakit PC. Fungsi nya bisa di analogikan sebagai tempat/wadah untuk menempatkan komponen komputer yang lain seperti processor dan ram. Kami sarankan kamu untuk memilih motherboard yang mendukung tipe socket terbaru agar ke depan nya mudah untuk mengupgrade processor komputer kamu ke versi yang lebih tinggi. Selain itu, jumlah maksimal 4 slot ram untuk upgrade pada motherboad akan lebih bagus jika nanti nya kamu butuh menambah kapasitas memori ke yang lebih besar. Tersedia nya dukungan slot upgrade untuk SSD NVME juga akan memberikan nilai plus bagi motherboard pilihan kamu.

2. Menggunakan RAM Dual Channel

Tips merakit PC selanjutnya yaitu menggunakan RAM Dual Channel. Pengertian ram ini adalah konfigurasi dua keping memori yang berjalan pada proses penghantaran data di komputer. tentu nya proses dua keping memori/dual channel lebih baik di bandingkan dengan satu keping memori/single channel. Analogi mudah nya jika RAM Single Channel itu sebuah jalan tol maka dia hanya memiliki 1 jalur cepat saja yang bisa di lewati, sedangkan RAM Dual Channel adalah jalan tol yang memiliki 2 jalur cepat sekaligus yang bisa digunakan secara bersamaan.

3. Memakai SSD Sebagai Penyimpanan Sistem

SSD (Solid State Drive) memiliki kecepatan proses baca tulis data 2x lebih cepat di bandingkan dengan HDD. Sehingga sangat cocok di jadikan sebagai penyimpanan utama untuk sistem operasi komputer kamu agar performa program yang kamu instal nanti nya dapat berjalan dengan baik. Sedangkan untuk HDD konvensional yang berkapasitas besar bisa di gunakan sebagai penyimpanan data kedua seperti foto, video, dan dokumen pada komputer kamu.

4. Memilih Power Supply Yang Sesuai

Tips merakit PC yang terakhir adalah memilih power supply yang sesuai dengan spesifikasi komputer. Fungsi nya agar suplai daya dari listrik ke semua komponen komputer berjalan dengan maksimal. Suplai daya listrik yang terhambat akan mengakibatkan rusaknya komponen PC yang ada pada komputer kamu. Jika masih merasa bingung kamu bisa memakai Power Supply Calculator untuk menghitung jumlah persentase watt yang aman di gunakan untuk komputer.

Penutup

Nah itu tadi Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Merakit PC secara sederhana yang sudah kami bagikan. Sekarang kalian sudah mempunyai gambaran awal tentang bagaimana cara untuk merakit komputer dengan baik dan benar. Semoga juga dapat membantu Sahabat Liputan IT dalam menentukan komponen yang tepat agar PC yang kalian rakit tidak terjadi masalah bottleneck. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Liputan IT, subscribe Liputan IT biar tetap update terus seputar teknologi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments