BerandaTips & TrikTips Merawat Baterai Laptop Agar Awet - Tidak Mudah Drop/Bocor!

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet – Tidak Mudah Drop/Bocor!

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet – Baterai laptop adalah salah satu komponen hardware yang penting untuk diperhatikan dalam pemakaiannya. Kondisi baterai laptop yang awet tentunya akan menambah daya tahan. Gejala mati mendadak dan ketergantungan dengan adaptor charger ke listrik juga akan berkurang.

Baterai laptop keluaran terbaru menggunakan sistem tanam yang jika kembung akan berakibat merusak casing laptop kalian. Hal ini tentunya akan menambah biaya untuk memperbaiki casing laptop yang rusak. Untuk itu di artikel ini akan kami bagikan Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan tidak mudah drop/bocor.

tips merawat baterai laptop agar tidak drop

1. Tidak Memakai Laptop Saat Sedang Di Cas

Menggunakan laptop pada saat sedang di charger mengakibatkan berkurangnya kualitas baterai karena membuat aliran listrik menjadi tidak stabil, selain itu dapat membuat suhu laptop menjadi overheat/panas. Dalam keadaan darurat, pemakaian laptop saat di charger boleh saja di gunakan, dengan catatan perhatikan indikator baterai jika sudah dalam kondisi penuh/full segara cabut colokan charger dari portnya untuk menghindari arus listrik yang berlebih masuk ke dalam baterai/overcharge.

2. Mengecas Laptop Dalam Kondisi Mati/Telah Di Shut Down

Untuk mengisi ulang baterai laptop, pastikan kondisi laptop telah di matikan/di shutdown agar arus listrik menjadi stabil dan maksimal. Selain itu, manfaat lainnya adalah tidak membuat suhu laptop kamu menjadi overheat dan juga dapat menambah waktu istirahat mesin laptop kamu dengan pemakaian yang teratur. Dengan begitu otomatis akan memperpanjang usia masa pakai dan daya tahan baterai laptop kamu.

3. Hindari Mengecas Laptop Dari Malam Hingga Pagi

Seringkali kamu lupa mencabut colokan charger dari portnya dari malam sampai menjelang pagi karena ketiduran. Kebiasaan buruk ini harus kamu hindari karena dapat mengakibatkan baterai laptop menjadi overcharge sehingga kualitas dan daya tahan baterai menjadi berkurang. Padahal untuk mengisi daya baterai kalian hingga sampai penuh cukup dalam waktu 2-3 jam saja.

4. Jangan Menggunakan Laptop Hingga Baterai Habis Total

Jika indikator baterai menunjukkan 15% sebaiknya segera dicas, jangan tunggu sampai 0% karena akan berdampak negatif mengakibatkan laptop sulit dinyalakan. Selain itu, hindari juga tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang sangat lama, selalu pastikan untuk menghidupkan laptop kamu dan memakai sewajarnya supaya performa baterai tetap terjaga dengan baik.

Penutup

Nah itulah beberapa Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet yang sudah kami bagikan. Pastinya sekarang kamu akan lebih tau dalam memperhatikan pemakaian baterai laptop supaya tidak mudah drop/bocor. Semoga dapat membantu Sahabat Liputan IT. Jangan lupa baca artikel lainnya di Liputan IT, Subscribe Liputan IT biar tetap update terus seputar teknologi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments