BerandaTips & TrikTips Dan Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Dan Cara Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak

Tips & cara merawat printer – Printer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern. Keberadaan perangkat ini sangat membantu mereka untuk mencetak dokumen terkait pekerjaannya. Termasuk juga para pengusaha percetakan yang pasti sangat membutuhkan printer dalam menyelesaikan orderan.

Merawat Printer Agar Tidak Cepat Rusak Dan Hasil Cetak Tetap Stabil

Namun, tidak semua orang tahu dan bisa merawat printer dengan baik. Kebanyakan hanya tahu memakai, tapi tidak paham bagaimana merawatnya. Padahal merawat printer seharusnya bisa dilakukan oleh pemakainya. Apalagi cara merawat printer relatif tidak sulit. Berikut cara merawat printer agar lebih awet dan hasil cetak tetap stabil.

1. Rutin Menggunakan Printer

tips cara merawat printer

Hal ini sangat penting untuk hasil cetak yang stabil, karena jika printer tidak di pakai 2-3 hari biasanya saat kamu mencetak document hasilnya itu tidak bagus atau jelek, itu di sebabkan printhead yang ada di dalam printer kamu itu kering, tapi kamu masih bisa mengakalinya dengan cara cleaning printhead via software, tapi jika masih tetap sama hasil nya setelah di cleaning via software, kamu bisa mengcleaning printhead secara hardware, jika kamu tidak bisa melakukan sendiri cleaning secara hardware, kamu bisa bawa printer kamu ke tempat service printer.

2. Pakai Tinta Sesuai Standar Printer

tips cara merawat printer

Tips & cara merawat printer berikutnya adalah memperhatikan tinta yang digunakan, Ketika memilih tinta printer, kamu harus memperhatikan kompatibilitasnya dengan printer kamu. Pilihlah tinta original dari merek yang sama dengan printer yang kamu gunakan. Selain itu, perhatikan juga tipe printernya. Meski memiliki merek yang sama, setiap jenis printer biasanya menggunakan tinta yang berbeda.

Tak cukup hanya memilih tinta yang kompatibel dengan printer, kamu juga perlu memahami berbagai jenis tinta. Hal itu sangat mempengaruhi hasil cetak gambar atau dokumen kamu. Ada tiga jenis tinta yang biasa dijual di pasaran, yaitu dye based, durabrite pigment dan tinta solvent.

– Tinta dye based 

berbahan dasar air sehingga bisa mengurangi peluang tersumbatnya printhead cartridge. Harganya paling ekonomis, namun hasil cetakannya tetap cerah.

– Tinta durabrite pigment

menghasilkan cetakan yang tahan air dan lebih tajam. Tinta ini cocok untuk mencetak di berbagai media, tak hanya tajam di kertas print biasa tapi juga bagus untuk kertas foto.

– Tinta solvent 

menghasilkan cetakan yang tahan lama meski dipasang di area outdoor atau luar ruangan. Selain tahan terhadap air,  tinta ini juga tahan dengan sinar UV sehingga hasilnya tidak cepat pudar. Tinta ini cocok digunakan untuk mencetak banner atau spanduk.

3. Cara Memakai Printer Dengan Benar

tips cara merawat printer

Memakai sebuah printer diawali dengan mengaktifkan tombol power on atau Off dan selanjunya head akan otomatis berjalan hal ini berfungsi untuk membersihkan tinta. Biarkan head tetap berjalan dan jangan sampai kamu mematikan printer langsung mencabut kabel hal ini akan berakibat fatal seperti head mengalami kerusakan atau sebagainya karena head pada printer akan kaget jika kamu lakukan seperti itu. cara memakai printer dengan benar ini adalah cara terbaik untuk membuat printer kamu menjadi awet dan tidak cepat rusak, karena semua kerusakan tergantung pemakaian.

4. Menjaga Kebersihan Printer Dan Area Sekitar Printer

tips cara merawat printer

Kebersihan printer sangatlah penting sekali. kebersihan dimulai dari niat kamu membeli dan merawat sebuah printer. Jangan sesekali kamu menaro barang-barang kecil di atas printer seperti pulpen, pensil, penghapus atau flasdisk dan yang lain-lain. Karena tanpa kita sadari barang-barang tersebut bisa saja masuk ke dalam lubang kertas, dan saat kita melakukan print itu bisa mengakibatkan paperjam/kertas tersangkut dan dapat merusak roller yang ada di di dalam printer tersebut.

5. Gunakan Fiktur Clean Head

Tips & Cara merawat printer yang terakhir adalah memanfaatkan Fitur clean head atau bisa disebut pembersih head memang sering kali digunakan ketika printer mengalami error ringgan. Hal ini juga membantu keluarnya tinta dari catrid semakin lancer dan stabil.

PENUTUP

Nah, tadi itu beberapa tips & cara merawat printer yang harus kamu tau agar printer kamu awet/tidak cepat rusak, Semoga dapat membantu sahabat liputan IT dimanapun berada. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Liputan IT dan Subscribe Liputan IT untuk tidak ketinggalan update informasi terbaru seputar teknologi informasi.



RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments