BerandaTips & Trik4 Tips Memilih Router Wifi Di Rumah

4 Tips Memilih Router Wifi Di Rumah

Liputan IT – Jaringan internet pada zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat untuk mengakses informasi dunia maya dari rumah. Salah satu perangkat untuk mengakses jaringan internet di rumah adalah router wifi. Fungsi dari router wifi ini sendiri untuk menerima dan memancarkan lagi sinyal wifi di sekitar ruangan yang masuk dalam jangkauannya.

Saat ini banyak sekali jenis router wifi yang di tawarkan, kadang sampai membuat bingung calon pembeli yang masih awam. Memilih router wifi yang baik adalah salah satu faktor yang wajib di lakukan, oleh karena itu dalam artikel ini akan kami bagikan 4 Tips Memilih Router Wifi Di Rumah agar kalian tidak sembarangan dalam memilih router wifi untuk pemakaian internet yang optimal.

4 Tips Memilih Router Wifi Di Rumah

1. Pilih Router Dengan Koneksi Dualband

Router Dualband adalah router yang menggunakan dua frekuensi sekaligus yaitu 2.4GHz dan 5GHz. tentu nya penggunaan multiband ini membuat router dual band menjadi lebih efisien di bandingkan single band jika kalian menggunakan internet untuk streaming video HD atau mendownload file dari internet dengan kecepatan tinggi.

2. Pilih Router Dengan Sistem Keamanan WPA2

Memilih router wifi selain dari koneksi kalian juga harus memperhatikan tentang tingkat keamanan wifi. Dari semua tipe sistem keamanan router yang ada, keamaan WPA2 dinilai yang terbaik. Oleh karena itu pastikan wireless router dan wifi adapter mendapatkan dukungan Protected Access WPA2 yang sangat bermanfaat untuk melindungi jaringan internet kalian.

3. Pilih Router Dengan Kapasitas RAM Cukup

Seperti smartphone atau komputer, router wifi juga memliki perangkat RAM meski terkadang tidak tercantum di boks kemasan. Biasa nya pada router bawaan ISP kapasitas RAM nya masih berkisar 16-32MB. Sementara untuk router di bawah harga 1jt kebanyakan RAM nya berkapasitas 64MB. Fungsi RAM sangat membantu terutama ketika streaming video melalui jaringan wifi.

4. Pilih Router Dengan Standar Wireless Terbaru

Tips memilih router yang terakhir adalah mengenai standar wireless router. Standar network wireless saat ini adalah versi 8-2.11n. Tidak jarang masih ada pabrikan yang menjual router dengan menggunakan standar network wireless yang lama yaitu 802.11ac. Di rekomendasikan untuk sekarang ini kalian bisa memilih router dengan standar wireless terbaru, keunggulan nya adalah kecepatan nya lebih baik dan segi harga nya pun ramah di kantong.

Penutup

Nah itulah sedikit Tips Memilih Router Wifi Di Rumah yang sudah kami bagikan. Yuk di share artikel ini jika dirasa bermanfaat supaya teman-teman kalian jadi makin tau dan tidak gaptek. Semoga juga dapat membantu Sahabat Liputan IT supaya tidak sampai salah beli. Jangan lupa untuk baca artikel lainnya di Liputan IT, Subscribe Liputan IT biar tetap update terus seputar teknologi.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments